Selasa, 03 November 2009

EXCEL 1,..

Menambahkan dan mengganti Worksheets (Kertas Kerja)
worksheets dalam workbook (buku besar) dapat di akses dengan mengklik worksheet tabs sedikit di atas status bar. Biasanya, tiga worksheets yang ada dalam buku workbook. Untuk menyisipkan , pilih Insert|Worksheet dari menu bar. Untuk mengganti worksheet tab, klik kanan pada tab dengan mouse dan pilih Rename dari shortcut menu. Ketik nama yang baru dan tekan ENTER.
The Standard Toolbar
Tollbar dibawah ini terdapat pada layar atas yang memungkinkan anda untuk mengakses secara cepat perintah Excel.

New – Pilih File|New dari menu bar, tekan CTRL+N, atau klik tombol New untuk membuat workbook.

Open – Klik File|Open dari menu bar, tekan CTRL+O, atau klik tombol Open untuk membuka workbook yang telah ada

Save – Untuk pertama kali menyimpan, pilih File|Save As dan beri nama filenya.. Setelah diberi nama file klik File|Save, CTRL+S, atau tekan tombol Save pada standard toolbar.

Print – Klik tombol Print untuk mencetak worksheet.

Print Preview – Fitur ini mengijinkan anda untuk melihat worksheet sebelum di cetak .

Spell Check – Gunakan untuk mengecek ejaan kata yang salah pada worksheet.

Cut, Copy, Paste, and Format Painter – Perintah ini akan dijelaskan pada Modifying A Worksheet .

Undo and Redo – Klik tombol (<– )backward Undo untuk membatalkan langkah terakhir yang dibuat, apakah memasukkan data dalam sel, memformat sel, memasukkan fungsi, dll. Klik Redo untuk membatalkan undo

Insert Hyperlink – Untuk memasukkan hyperlink ke wes site dalam internet, ketik teks kedalam sel yang ingin di link yang bisa diklik dengan mouse. Lalu, klik tombol Insert Hyperlink dan masukkan alamat web yang ingin link dengan teks dan klik OK.

Autosum, Function Wizard, and Sorting – Fitur ini didiskusikan secara detail dalam tutorial Functions .

Zoom – Untuk mengubah ukuran workksheet yang muncul dilayar, pilih perbedaan persentase dari menu Zoom.

Menu

Tidak seperti versi Excel sebelumnya, menu dalam Excel 2000/XP/2003 pada awalnya hanya daftar perintah yang biasanya digunakan. Untuk melihat semua option pada menu, klik ganda panah pada bawah menu. Jika anda akan kembali ke versi Excel sebelumnya, Ikuti langkah berikut.

  1. Pilih View|Toolbars|Customize dari menu bar.
  2. Klik pada Options tab.
Hilangkan Ceklist pada kotak Menus show recently used commands firs




Toolbars

Toolbars
Banyak toolbar dapat dilihat pada tombol shorcut. Pilih View|Toolbars dari menu bar untuk memilih toolbar lain

Customize Toolbars
Customizing toolbars mengijinkan anda untuk menghapus sebagian tombol shortcut dari toolbar jika anda tidak ingin menggunakannya dan masukkan tombol shortcut buttons untuk memerintahkan anda menggunakan sesering mungkin.

Pilih View, Toolbars , customize, dan pilih commands tab.

.

  1. Dengan mengklik perintah dalam kotak Categories, Perintah akan mengubah kotak dikanan Commands.
  2. Pilih perintah yang anda suka untuk dimasukkan ke toolbar dengan memilihnya dari kotak Commands.
  3. Drag perintah dengan mouse ke lokasi yang diinginkan pada toolbar dan lepaskan tombol mouse. Tombol shorcut sekarang harus terlihat pada toolbar.
  4. Hilangkan tombol dari toolbar dengan kembali ke langkah tadi. Sorot tombol pada toolbar, drag keluar toobar dengan mouse, dan lepaskan tombol mouse.

Menyimpan Macro
Macros bisa mempercepat pengeditan biasa, urutan yang diinginkan dalam menjalankan spreadsheet Excel. Contohnya kita akan membuat macro yang sederhana yang akan menset semua garis tepi halaman pada satu inchi

  1. Klik Tools|Macro|Record New Macro dari menu bar.


  1. Isikan nama Macro pada Macro name field. Nama tidak boleh pake space dan harus tidak boleh dimulai dengan angka.
  2. Jika anda akan membuat shortcut key untuk makro agar mempermudah penggunaan, masukkan huruf dibawah Shortcut key. Masukkan huruf kecil untuk membuat CTRL+nomor shortcut dan masukkan huruf besar untuk menugaskan CTRL+SHIFT+number shortcut key. Jika anda memilih tombol shorcut ketika Excel digunakan, macro anda akan tertimpah oleh fungsi tadi.
  3. Pilih option dari menu panah bawah Store macro in.
  4. Masukkan deskripsi dari macro dalam Description field. Ini untuk referensi hanya anda harus ingat yang dilakukan macro.
  5. Klik OK ketika anda siap untuk memulai recording.
  6. Pilih option dari menu tombol bawah dan Excel akan menyimpan option yang anda pilih dari kotak dialog, seperti perubahan garis tepi pada Page Setup window. Pilih File|Page Setup dan ubah semua garis tepi ke 1″. Tekan OK. Ganti langkah ini dengan perintah apapun yang ingin macro yang telah anda buat untuk dilakukan. Pilih hanya options untuk memodifikasi. Tindakan seperti View|Toolbars tidak berpengaruh pada worksheet dan tidak akan direcorded.


8. Klik tombol Stop recording toolbar. Macro sekarang disimpan.

Running A Macro

  1. Untuk menjalankan macro yang anda buat, pilih Tools|Macro|Macros dari menu bar.
  2. Dari jendela Macros, sorot Macro name dalam daftar dan klik Run.



3. Jika macro terlalu panjang dan anda ingin berhenti ketika dijalankan, Tekan BREAK (tahan CTRL dan tekan PAUSE).

Moving Through Cells
Gunakan mouse untuk memilih sel yang anda mulai untuk memasukkan data dan gunakan daftar perintah keyboard pada tabel dibawah untuk perpindahan sel pada worksheet.

Movement

Key stroke

One cell up

up arrow key

One cell down

down arrow key or ENTER

One cell left

left arrow key

One cell right

right arrow key or TAB

Top of the worksheet (cell A1)

CTRL+HOME

End of the worksheet (last cell containing data)

CTRL+END

End of the row

CTRL+right arrow key

End of the column

CTRL+down arrow key

Any cell

File|Go To menu bar command

Memasukkan Worksheets, Rows, and Columns

  • Worksheets – Memasukkan worksheet ke workbook dengan memilih Insert|Worksheet dari menu bar.

  • Row – Untuk memasukkan baris ke worksheet, pilih Insert|Rows dari menu bar, atau sorot baris dengan mengklik pada label baris, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert.
  • Column – Masukkan kolom dengan memilih Insert|Columns dari menu bar, atau sorot kolom dengan mengklik dalam kolom label, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert.

Mengubah ukuran Baris dan Kolom

Ada dua cara untuk mengubah ukuran baris dan kolom.

  1. Resize a row dengan mendrag baris dibawah label baris yang ingin diubah ukurannya. Resize a column dengan cara yang sama drag baris ke kanan sesuai dengan label ke kolom yang ingin dirubah ukurannya.
    - OR -
  2. Klik bari atau kolom label dan pilih Format| Row|Height atau Format|Column|Width dari menu bar untuk masuk nilai tinggi baris atau lebar kolom.

Memilih Sel
Sebelum sel bisa dimodifikasi atau di format, pertma harus di sorot dahulu, seperti pada tabel dibawah cara menggolongkannya.

Cells to select

Mouse action

One cell

click once in the cell

Entire row

click the row label

Entire column

click the column label

Entire worksheet

click the whole sheet button

Cluster of cells

drag mouse over the cells or hold down the SHIFT key while using the arrow keys

Untuk mengaktifkan suatu sel, klik ganda pada sel atau kli

k sekali dan tekan F2.

Memindahkan dan Mengcopy Sel

Memindahkan Cells
Untuk memotong isi sel yang akan dipindahkan ke sel la

in pilih Edit|Cut dari menu bar atau klik tombol Cut pada standard toolbar.

Copying Cells
Untuk mengcopy isi sel, Pilih Edit|Copy dari menu bar atau klik tombol Copy pada standard toolbar.

Pasting Cut dan Copied Cells
Sorot sel yang ingin di paste dari cut atu copied kedal

am isi dan pilih Edit|Paste dari menu bar atau klik tombol Paste pada standard toolbar.

Drag dan Drop
Jika anda ingin memindahkan isi sel hanya dalam jarak dekat, metode drag dan drop akan lebih mudah. Hanya dengan mendrag garis yang disorot pada sel yang

dipilih ke tujuan sel dengan mouse.

Toolbar

Isi dari sel yang disorot bisa di format dalam banyak cara. Font dan sel attributes bisa dimasukkan dari tombol shortcut pada formatting bar. Jika toolbar ini tida siap ditampilkan dalam layar, pilih View|Toolbars|Formatting dari menu bar. .

Format Sel Kotak Dialog
Untuk melengkapi daftar format, klik kanan pada sel yang disorot dan pilih Format Cells dari shortcut menu atau pilih Format|Cells dari menu bar.


  • Number tab – Tipe data yang bisa dipilih dari options pada tab ini. Pilih General jika sel berisi teks dan angka, atau kategori penghitungan lain jika jumlah sel dimasukkan dalam fungsi formula.
  • Alignment tab – Option ini mengijinkan anda untuk mengubah posisi dan data alignment pada sel.
  • Font tab – Semua font atribut ditunjukkan dalam tab ini termasuk muka font, ukuran, style dan effect.
  • Border and Pattern tabs – Tab ini mengijinkan anda untuk memasukkan garis tepi, shading, dan warna background dalam sel.

FUNCTION = RUMUS

Yang membedakan fitur spreadsheet seperti Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus matematika formula dan melaksanakan fungsi. Fungsi lainnya, tidak hanya untuk menampilkan teks pada tabel yang luas. Halaman ini akan menunjukkan bagaimana anda membuat rumus kalkulasi.

Formulas
Formulas dimasukkan dalam worksheet sel dan harus dimulai dengan dengan tanda sama dengan. “=”. Formula lalu dimasukkan ke alamat sel yang bernilai akan di manipulasi dengan sesuai penempatan. Setelah formula diketikan ke dalam sel, kalkulasi dilaksanakan segera dan formula itu sendiri terlihat dalam formula bar. Lihat contoh dibawah untuk melihat tampilan formula untuk kalkulasi harga buku. Formula akan mengalikan dan menjumlahkan jumlah dan harga tiap buku dan memasukkannya dalam total.


Linking Worksheets
Anda akan menggunakan nilai value dari sel dalam worksheet lain dalam workbook yang sama. Untuk contoh, value sel A1 dalam worksheet dan sel A2 dalam worksheet kedua bisa dimasukkan dengan menggunakan format “sheetname!celladdress”. Formula untuk contoh ini akan menjadi “=A1+Sheet2!A2″ dimana value dari sel A1 dalam worksheet dimasukkan ke value pada sel A2 dalam worksheet yang diberi nama “Sheet2″.

Relative, Absolute, and Mixed Referencing
Memanggil sel hanya dengan menulis kolom dan baris label (seperti”A1″) ini disebut juga relative referencing. Ketika formula berisi relative referencing dan dicopy dari satu sel ke sel, Excel tidak membuat salinan berupa formula. Ini akan mengubah alamat sel relatif kolom dan baris yang dipindahkan. Untuk contoh , Jika masukkan formula sederhana dalam sel C1 “=(A1+B1)” disalin ke C2, formula akan berubah ke “=(A2+B2)” untuk mencerminkan baris baru. Untuk mencegah perubahan ini, sel harus diisi dengan absolute referencing dan ini akan dikerjakan dengan menempatkan tanda “$” dalam alamat sel dalam formula. Melanjutkan contoh sebelumnya, formula dalam sel C1 akan terbaca “=($A$1+$B$1)” jika value dari C2 harus merupakan penjumlahan dari sel A1 and B1. Kolom dan baris sel akan menjadi absolut dan tidak akan berubah ketika disalin. Mixed referencing bisa juga digunakan dimana hanya baris atau kolom yang tetap. Untuk contoh, dalam formula “=(A$1+$B2)”, baris sel A1 is tetap dan kolom sel B2 juga tetap

Fungsi Dasar
Fugsi bisa lebih efisien dengan operasi matematika dari pada formula. Untuk contoh, jika anda ingin memasukkan values sel D1 sampai D10, anda akan mengetikan rumus formula “=D1+D2+D3+D4+D5+D6+D7+D8+D9+D10″. Jalan pintas akan digunakan menjumlah (SUM) cara sederhana”=SUM(D1:D10)”. Beberapa fungsi lain dan contoh diberikan dalam tabel dibawah

Function

Example

Description

SUM

=SUM(A1:100)

finds the sum of cells A1 through A100

AVERAGE

=AVERAGE(B1:B10)

finds the average of cells B1 through B10

MAX

=MAX(C1:C100)

returns the highest number from cells C1 through C100

MIN

=MIN(D1:D100)

returns the lowest number from cells D1 through D100

SQRT

=SQRT(D10)

finds the square root of the value in cell D10

TODAY

=TODAY()

returns the current date (leave the parentheses empty)

Function Wizard [function wizard]
Tampilan semua fungsi ada dalam Function Wizard.

  1. Aktifkan sel dimana fungsi akan ditempatkan dan klik
  2. Aktifkan sel dimana fungsi akan ditempatkan dan klik tombol Function Wizard pada standar toolbar.


1. Aktifkan sel dimana fungsi akan ditempatkan dan klik tombol Function Wizard pada standar toolbar.

2.Dari kotak dialog Paste Function, browse sampai fungsi dengan mengklik dalam Function category menu pada sebelah kiri dan pilih fungsi dari pilihan Function name pada sebelah kanan. Masing-masing nama fungsi akan disorot dan deskripsi akan tampil dibawah dua kotak yang disediakan.



3. Klik OK untuk memilih fungsi

4.Jendela berikutnya mengijinkan anda untuk memilih sel yang akan dimasukkan ke dalam fungsi. Pada contoh dibawah, sel B4 dan C4 akan otomatis dipilih untuk fungsi penjumlahan pada Excel. Sel values {2, 3} terletak dikanan dari Number 1 field dimana alamat sel terdaftar. . Jika satuan sel lain, seperti B5 dan C5, perlu dimasukkan ke fungsi, sel itu akan ditambahkan dalam format “B5:C5″ ke Number 2 field.



5.Klik OK ketika semua sel untuk fungsi telah dipilih.

Autosum
Gunakan fungsi Autosum untuk memasukkan isi dari sel yang bersebelahan.

  1. Pilih sel sum akan muncul dalam luar sel dan values akan dimasukkan. Sel C2 telah digunakan dalam contoh ini
  2. Klik tombol Autosum (Greek letter sigma) pada standard toolbar.
  3. Sorot penggolongan sel yang akan dijumlahkan (dalam hal ini sel A2 sampai B2 ).
4. Tekan ENTER pada keyboard atau klik tand ceklist hijau pada formula bar







Tidak ada komentar:

Posting Komentar